Apa itu email serta layanan Gmail dan Cara Membuat Gmail


Pengertian Email

Email adalah singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik merupakan sarana dalam mengirim surat yang dilakukan melalui media internet. Media internet yang dimaksud bisa melalui komputer atau handphone yang memiliki akses internet. Pada umumnya mengirim surat biasa akan di kenakan biaya ( Membeli Perangko ) namun pada Surat Elektronik hanya dibutuhkan sambungan internet.

Fungsi Email

Email adalah alamat resmi kita di dunia maya. Dengan menggunakan email kita dapat terhubung dalam berbagai kegiatan internet, seperti bergabung di situs jejaring sosial semisal Facebook dan twitter maka saat pendaftaran akan membutuhkan email. Saat ini, Email telah berkembang hingga memiliki fungsi yang sangat beragam. Mengirim file, foto, video dan Chat dengan teman dan keluarga menjadi lebih muda
Seringkali kita menggunakan email untuk bertukar informasi, baik audio, dokumen, maupun foto. Namun siapa sangka, diantara semua jenis email yang paling banyak digunakan ialah Gmail.
Perusahaan hingga bisnis rata – rata menggunakan gmail untuk beberapa akun mereka. Gmail juga merupakan salah satu layanan email yang open source dari Google. Dengan gmail, anda dapat dengan mudah mendaftar suatu acara, belanja online, hingga keperluan bisnis yang sudah terkoneksi dengan gmail.
Maka dari itu perlu bagi anda mengetahui cara membuat akun gmail, jika anda ingin membuat sebuah sebuah bisnis pastikan anda sudah membuat akun gmailnya terlebih dahulu. Berikut ini merupakan artikel panduan bagaimana cara membuat akun gamail baru.
Apa Itu Gmail?
Gmail merupakan sebuah layanan email berbasis web yang di sediakan oleh google secara gratis. Fitur ini diluncurkan pada 31 Maret 2004. Penyedia email gratis tidak hanya gmail saja masih banyak lagi, namun salah satu pesaing terbesarnya yaitu yahoo mail.
Fungsi Email
Pernahkah anda menggunakan Gmail? Nah, biasanya anda menggunaakan gmail untuk berkirim Pesan sehingga tersebut dapat terkirim ke tujuan dalam waktu yang sangat cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik saja.
Namun, untuk bisa merasakan kecepatan dalam berkirim pesan dengan menggunakan email, kamu memerlukan koneksi internet yang cepat. Hal ini diperlukan baik untuk pengirim atau penerima email.
Melalui email, kamu bisa mengirimkan berbagai jenis file dan dokumen digital dengan ukuran tertentu yang telah ditentukan, baik itu foto, video, teks, dan lain sebagainya. Untuk mengirimkan semua ini melalui email, kamu bisa menggunakan atau menambahkannya dalam lampiran (attachment) pada email.
Cara Membuat Email Baru
Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda hanya perlu menyiapkan:
1. Silakan akses halaman daftar akun Google.

2. Masukkan Nama Depan dan Nama Belakang Anda pada kolom isian Nama.
3. Masukkan alamat email yang ingin Anda buat pada form Pilih nama pengguna Anda.
4. Masukkan password baru untuk akun Google Anda pada form Buat sandi, yang nantinya akan digunakan ketika login ke Gmail.
5. Silakan masukkan kembali password Anda pada kolom Konfirmasi sandi Anda.
6. Masukkan nomor handphone anda kemudian verifikasi kode yang telah dikirimkan.
7. Setelah itu lengkapi data anda tanggal, bulan, tahun hingga jenis kelamin.

8. Akun anda telah selesai!


Kusus kelas 9 QUIZ daring 2 , tgl 29 Juli 2020
1.Gmail merupakan salah satu aplikasi yang dibuat oleh..?
2.Layananan Gmail berbasis apa...?
3.Sebutkan Jenis file dan dokumen digital yang dapat dikirim melalui Gmail...?
4.Setelah memasukkan nomor handphone apa langkah selanjutnya saat membuat gmail ..?

Share:

Popular Posts

Recent Posts