Aplikasi EDMODO untuk Pembelajaran Daring/Online



Semakin maju perkembangan teknologi informasi dunia yang didukung oleh adanya Internet bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh siswa dengan gurunya atau mahasiswa dengan dosennya.
Sehingga untuk mewujudkan tujuan tersebut, para developer bersusah payah untuk membuat berbagai macam aplikasi, website hingga media sosial. Edmodo adalah salah satu media yang terbukti membantu para guru dan juga murid dalam kegiatan belajar mengajar.
Dalam pembahasan saat ini, Rumus.co.id akan menjabarkan tentang Edmodo beserta dengan fitur-fitur yang ada didalamnya. Untuk itu, yuk simak pembahasan dibawah ini.
Edmodo Adalah?
Edmodo adalah platform pembelajaran jejaring sosial yang ditujukan untuk guru, siswa, dan bahkan orang tua siswa. Media sosial ini sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran.
Dalam aplikasi ini memberikan sarana yang aman dan juga mudah untuk membuat sebuah kelas virtual berdasarkan dengan pembagian kelas seperti di sekolah. 
Desain tampilan Edmodo biasanya mirip dengan desain tampilan Facebook. Dengan Edmodo, guru atau dosen dapat dengan mudah mengirim nilai, tugas, ataupun quiz kepada para siswa dan juga mahasiswanya.
Edmodo merupakan media pembelajaran yang pertama kali dikembangkan oleh Nic Borg dan Jeff O’hara pada akhir 2008.
Edmodo sendiri sering disebut sebagai program e-learning, yang didalamnya menerapkan sistem pembelajaran yang sangat sederhana, efektif, efisien dan juga menyenangkan.
Media sosial ini telah berkembang menjadi salah satu jejaring sosial yang tumbuh sangat cepat di awal tahun 2011. Hal ini bisa dilihat dari jumlah penggunanya yang sudah mencapai 1 juta.
Hanya butuh beberapa bulan saja, pengguna dari media sosial ini telah berkembang menjadi 7 juta orang. Pada akhir tahun 2015 sudah ada sekitar 50 juta pengguna Edmodo dari berbagai belahan dunia.
Dalam aplikasi Edmodo terdapat fitur-fitur yang bertugas untuk mendukung kegiatan di dalam media sosial ini. Berikut ini merupakan fitur-fitur tersebut, yaitu :

1. Assignment

Assignment merupakan salah satu sarana yang terdapat dalam Edmodo, dimana sarana ini digunakan oleh para guru untuk memberikan tugas kepada murid-muridnya secara online.
Dalam fitur ini memiliki batas waktu serta dapat menambahkan file, sehingga siswa dapat mengirimkan tugasnya dalam bentuk file langsung ke guru mereka.
Jika siswa sudah menyelesaikan tugas yang diberikan, maka mereka harus mengklik tombol turn in. Skor yang diperoleh siswa akan secara otomatis tersimpan di dalam fitur gradebook.

2. Gradebook

Gradebook merupakan fitur yang terdapat di dalam Edmodo yang mana berfungsi sebagai catatan dari nilai yang didapatkan oleh siswa. Pemberian nilai ini bisa dilakukan secara otomatis ataupun manual.
Pemberian nilai secara otomatis hanya dapat dilakukan berdasarkan dari hasil skor yang didapatkan setelah menyelesaikan Assignment dan juga Quiz. Dalam fitur ini, guru dapat mengelola penilaian dari hasil belajar semua siswa. Guru dapat mengatur nilai kkm untuk setiap mata pelajaran.

3. Polling

Polling adalah fungsi yang hanya bisa digunakan oleh guru. Fungsi ini umumnya digunakan oleh guru untuk mengetahui bagaimana siswa bereaksi terhadap hal-hal tertentu.
Fitur Edmodo ini adalah cara yang sangat efisien untuk mendapatkan umpan balik secara instan tentang peristiwa yang baru saja terjadi, misalnya seperti tugas, quiz, dll.

4. Quiz

Quiz merupakan fitur dalam Edmodo yang berfungsi untuk memberikan beberapa macam evaluasi secara online, baik itu berbentuk pilihan ganda, isian singkat, soal benar salah, dan masih banyak lagi.
Fitur Quiz ini hanya bisa dibuat dan diakses oleh guru saja, sedangkan siswa hanya bertugas untuk menjawab soal-soal yang ada di dalamnya semaksimal mungkin. 

5. Library (Perpustakaan)

Library merupakan fitur dalam Edmodo yang digunakan oleh guru atau dosen untuk memberikan bahan ajar yang berupa, materi, video, gambar dan lain sebagainya.
Adanya fitur ini bertujuan agar para siswa dapat mempelajari materi dari soal-soal yang diberikan, sehingga mereka dapat mengerjakan quiz atau tugas tersebut dengan maksimal.

6. File dan Link

File dan Link merupakan fitur yang terdapat dalam Edmodo digunakan untuk mengirim catatan dengan bentuk lampiran seperti file dan tautan (link). Biasanya file tersebut berupa sebuah .doc, .ppt, .xls, .pdf, dan lainnya.
Karena terkadang guru perlu menjelaskan beberapa materi tambahan seperti gambar, video dan hal-hal lain agar siswa dapat lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan.

7. Parents Codes

Parents Codes merupakan Fitur yang terdapat dalam Edmodo yang berfungsi untuk memberikan kesempatan kepada wali atau orang tua dari masing-masing siswa, agar bisa bergabung dengan Edmodo untuk memantau segala aktivitas belajar dan juga prestasi dari putra putrinya.
Sebelumnya, Guru harus mengakses code yang ditujukan untuk para orang tua siswa terlebih dahulu, yang nantinya akan dibagikan kepada masing-masing orangtua murid. Kode yang digunakan untuk orang tua siswa dapat diakses dengan cara mengklik nama kelas.
F.A.Q
Apa itu Edmodo?
Edmodo adalah platform pembelajaran jejaring sosial yang ditujukan untuk guru, siswa, dan bahkan orang tua siswa. Media sosial ini sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran.
Kekurangan dari Edmodo yaitu?

1. Menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa programnya, sehingga sering menyulitkan guru dan juga siswa.
2. Masih belum menyediakan fitur Video Conference.
3. Tidak terintegrasi ke media sosial manapun, misalnya seperti Facebook.
F.A.Q
Apa itu Edmodo?
Edmodo adalah platform pembelajaran jejaring sosial yang ditujukan untuk guru, siswa, dan bahkan orang tua siswa. Media sosial ini sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran.
Kekurangan dari Edmodo yaitu?

1. Menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa programnya, sehingga sering menyulitkan guru dan juga siswa.

2. Masih belum menyediakan fitur Video Conference.

3. Tidak terintegrasi ke media sosial manapun, misalnya seperti Facebook.
Bagaimana cara siswa mendaftar dalam Edmodo?

1. Pertama, buka situs resmi Edmodo, yaitu https://www.edmodo.com

2. Kemudian, klik i’m a Student.

3. Setelah itu, kalian akan disuguhkan tampilan dengan beberapa kolom yang harus diisi dengan data diri yang sebenarnya.

4. Apabila kolom data diri tersebut sudah terisi dengan benar, kemudian klik tombol sign up for free.

5. Jika berhasil, maka terdapat ucapan selamat dan anda akan masuk ke halaman yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa digunakan dengan baik.
Demikianlah penjabaran dalam kesempatan kali ini, semoga ulasan singkat ini dapat membantu kalian semua untuk memahami apa itu Edmodo.

Share:

Popular Posts

Recent Posts